Rabu, 15 April 2009

3ds max + VRay : rendering dengan “sunlight”

Pengantar : Berikut ini menjelaskan bagaimana cara membuat cahaya matahari yang menyinari suatu ruangan dengan menggunakan Vray pada 3ds max.

Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :
Tahap pertama : Create tab -> System -> Sunlight, ini di gunakan untuk menciptakan suatu system pencahayaan dari matahari, tempakan “sunlight” pada sisi luar dari bangunan.


Tahap kedua : Tentukan settingan “sunlight parameter”,setting jenis bayangan menjadi "VRayShadow", set "Multiplier" to "3.0", "Color" menjadi putih.

Tahap ketiga : Setting pada “VRay rendering parameters” yang ada di dalam “renderer tab” (tekan F10), Pertama : rubahlah "Image Sampler" pada "V-Ray: Image sampler(Antialiasing)",menjadi "Fixed",kemudian rubahlah "Antialiasing Filter" menjadi "Antialiasing Filter". Tips untuk "V-Ray: Image sampler(Antialiasing)": 1.”fixed” di pergunakan untuk menciptakan suatu suasana seberapa dalam atau seberapa jauh ruangan tersebut . 2. "Adaptive subdivision"di pergunakan untuk menciptakan suatu suasana yang di akibatkan oleh “Global Illumination, Reflection and Refraction, Area Light/Shadow, Transparency)”.

Tahap ke empat : Pada "V-Ray: Indirect Illumination(GI)", contreng kotak yang berada pada sebelah “ON”.kemudian, VRay GI. Set "Primary bounces" -> Multiplier to "1.0" dan "Secondary bounces" -> Multiplier ubah menjadi "0.5".rubahlah "Secondary bounces" menjadi "0.5",. untuk mencegah suasana menjadi terlalu terang, kita juga harus membuat suasana yang jelas pada area di bagian luar pada interior yang sedang kita setting,namun jika hasilnya menjadi terlalu gelap kita tambah "Secondary bounces"nya. Pada "V-Ray: Irradiance Map", "Built-in presets" -> setting "Current preset" menjadi "Low". Pada Under "Options",ubah menjadi "Show calc. phase". "Mode", setting "Mode" menjadi "Single frame".

Tahap kelima : Pada "V-Ray: Environment", centang kotak di sebelah "GI Environment (skylight) override", ubahlah warnanya menjadi biru muda (R=173, G=208, B=255), setting "Multiplier" menjadi "4.0".

Berikut ini perbedaan tahap dalam proses rendering :
Tahap 1.

Tahap 2.

Tahap 3.

Tahap keenam : Jika hasinya masih terlalu gelap maka kita menseting tahap selanjutnya, kita buka “renderer tab” (tekan F10).
Pertama "V-Ray: Color mapping", setting "Dark multiplier" menjadi "2.0", settingan ini merubah suasana menjadi lebih terang.

Kedua "V-Ray: Image sampler(Antialiasing)", pilih "Image sampler" ganti menjadi "Adaptive subdivision".

Ketiga "V-Ray: Adaptive subdivision image sampler", setting "Min. rat" menjadi "-1" dan "Max. rat" menjadi "2".

Keempat pada toolbar "Create" tab and create a "VRay Light".ini dapat menirukan cahaya yang masuk dari luar sehingga menciptakan suasana seperti keadaan sebenarnya.

Kelima pilih “Sun Light system” dan rubah menjadi "VRayShadows params", cotreng kota yang ada pada sebelah "Smooth Surface Shadows".(ada pada modifier tool)

Keenam kembali ke “renderer tab” (tekan F10), Pada "V-Ray: Indirect Illumination(GI)", ubahlah "Secondary bounces" Multiplier menjadi "1.0".pada “V-Ray: irradiancemap” ubahlah “current preset” menjadi “high” dan ubahlah “mode” menjadi “single frame”.

Berikut ini hasil rendering final

1 komentar: